Selasa, 24 April 2012

MEMBUAT MUSIK DIGITAL SENDIRI

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Membuat Musik Digital sendiri pada era tehnologi digital saat ini bukanlah merupakan suatu hal yang mustahil, membuat Musik Digital sendiri sangat mungkin untuk dikerjakan sekaligus diselesaikan hanya dengan satu tangan (satu orang) saja, sehingga menjurus ke arah praktis dan sangat-sangat ekonomis. Tentu saja dalam hal ini menuntut penguasaan bidang recording, mixing sekaligus mastering. Namun semua itu dapat dipelajari dan hanya membutuhkan bekal ketekunan dan seringnya berekplorasi.

Berikut ini adalah contoh hasil pembuatan Musik Digital tersebut  :


ComScore
Berikut ini keterangan singkat dari Sang Pembuatnya :
Sekedar informasi singkat buat anda :
Lagu-lagu tersebut di atas saya buat dengan mempergunakan host Cubase.5 (produksi Steinberg) dengan beberapa VSTi tambahan yang berupa BFD_2 dan EZ Drummer (untuk drum), Trilogy (untuk bass), Real Guitar (untuk akustik gitar), Virtual Guitarist (untuk elektrik gitar), Hypersonic (untuk tambahan aksen-aksen), Sample Tank (untuk Piano dan Shyntesizer) dan Edirol Orchestra (untuk aksen orkestra pada beberapa lagu). 
Untuk recording vocal, saya mempergunakan Samson C-03 (Condensor Microphone), seluruh proses dikerjakan dengan bantuan Sound-Card M-Audio (Fast-Track). Selanjutnya untuk tahap mastering saya mengandalkan bantuan Wave-Lab (produksi Steinberg). Dalam proses pre-mastering saya banyak terbantukan oleh plugin-plugin AMT (Analog Mastering Tools), PSP Vintage Warmer dan EMI TG. Ketiga plugin tersebut sangat membantu saya, terutama untuk mengangkat volume-volume vokal maupun instrument yang agak tenggelam serta untuk menampilkan karakter tube atau analog. 
Jika anda menggunakan software IDM, maka anda dapat mendowloadnya secara langsung, sekian dan terima kasih, semoga dapat menghibur anda semua. 
Demikianlah sekedar informasi tentang membuat musik digital sendiri, semoga dapat membawa motivasi dan manfaat.

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 comments:

Unknown mengatakan...

Keran Gan,, bnr bnr ferfecttt dehhh.....

Posting Komentar

Advertisements

YOUR ADVERTISEMENTS HERE (300x250)

Advertisements

YOUR ADVERTISEMENTS HERE (300x250)