Senin, 20 Mei 2013

MAKSIMALKAN DESKRIPSI PENELUSURAN TIAP POSTINGAN BLOG

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Deskripsi penelusuran untuk tiap-tiap postingan blog adalah merupakan salah satu upaya optimasi tiap-tiap postingan blog yang ada dan kita miliki. Salah satu kunci sukses untuk dapat menampilkan blog kita pada halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari adalah, masing-masing postingan blog kita harus dan wajib memiliki deskripsi unik tentang sesuatu hal yang sedang kita bahas pada artikel postingan tersebut. Saya sendiri mengalami dampak nyata ketiadaan deskripsi unik pada masing-masing artikel postingan ini yaitu membuat perkembangan blog menjadi semakin sulit.

Deskripsi unik ini memang telah kita setting pada html template blog yaitu dengan memanfaatkan fitur 'meta-description' dan fitur 'meta-keyword'. Namun apakah cukup sampai di situ saja ? Saya rasa belum cukup, karena blogger (blogspot) dalam hal ini menyediakan fitur yang lebih lengkap lagi yaitu dengan melakukan 'setting Meta Tag' seperti gambar di bawah ini.


Fitur setting 'Meta Tag' ini langsung bisa kita akses pada halaman dashboard blogspot dengan memilih mode 'preferensi penelusuran', maka pada bagian atas akan dimunculkan fitur seperti gambar di bawah ini :
Share Aja

Gambar tersebut menunjukkan bahwa kita belum melakukan setting 'Meta Tag' dengan demikian kita belum juga mengaktifkan fitur 'deskripsi unik' untuk masing-masing postingan blog yang kita miliki. 

Proses aktivasinya adalah pada bagian 'Tag meta' (lihat gambar di atas) pilih menu 'edit', selanjutnya akan muncul jendela seperti pada gambar pertama di atas. Kemudian kita isikan 'deskripsi umum' blog yang kita miliki, kemudian langkah selanjutnya adalah pilih 'simpan perubahan'.

Apa dampak yang ditimbulkannya ? Silahkan anda masuk ke salah satu postingan blog anda dengan mempergunakan fitur 'edit-postingan', maka pada bagian kanan-bawah akan muncul tambahan fitur 'deskripsi penelusuran' (unik) untuk masing-masing postingan blog seperti gambar di bawah ini.

Share Aja

Selanjutnya, kita tinggal isikan deskripsi penelusuran unik postingan blog pada kotak yang telah tersedia, kemudian pilih 'selesai'. Nah, dengan demikian kita telah melakukan upaya memaksimalkan deskripsi penelusuran untuk tiap postingan blog kita. Lakukan hal ini untuk semua postingan blog yang telah anda miliki.

Sampai di sini dulu, semoga artikel kecil saya ini dapat membawa manfaat.


YOU MIGHT ALSO LIKE

1 comments:

Unknown mengatakan...

Makasih info nya mas... sukses selalu :D

Posting Komentar

Advertisements

YOUR ADVERTISEMENTS HERE (300x250)

Advertisements

YOUR ADVERTISEMENTS HERE (300x250)