Selasa, 21 Mei 2013

PERMASALAHAN SEPUTAR PAGERANK BLOG (GOOGLE)

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Sharea AjaSebagaimana kita ketahui bersama pada bulan Pebruari 2013 lalu Google telah melakukan update pagerank untuk yang pertama kalinya di tahun 2013 ini. Selanjutnya (kalau saya tidak salah) Google akan melakukan update pagerank setiap tiga bulan sekali. Algoritma Google Pagerank ini masih sulit untuk diprediksi dan sulit ditebak hasilnya baik oleh seorang blogger kawakan sekalipun. Google selalu dan selalu melakukan update algoritmanya setiap saat.

Kita semua telah mengetahui, setidaknya terdapat dua algoritma Google yang dipublikasikan yaitu Google Panda dan Google Penguin yang mana keduanya bertugas untuk menyapu bersih situs-situs atau web/blog yang melakukan praktek-praktek spamming, web/blog yang berisi konten hasil copy-paste, serta web/blog yang terlalu over dalam mempraktekkan fungsi-fungsi SEO. Dampak dari hal tersebut adalah menurunnya jumlah visitor secara drastis dan yang lebih menyakitkan adalah hilangnya web/blog dari hasil pencarian (search engine).

Kembali kepada masalah seputar pagerank blog, peringkat pagerank blog ini lebih banyak ditentukan oleh pagerank per halaman blog (pagerank per halaman artikel blog). Hal ini terlihat dari adanya perbedaan masing-masing pagerank halaman blog. Page rank halaman home-page blog selalu tidak akan sama dengan pagerank halaman artikel blog. Artinya, boleh jadi home-page sebuah blog memiliki pagerank 2 (katakanlah begitu) namun tidak secara otomatis semua halaman artikel blog memiliki pagerank yang sama. Silahkan anda amati sendiri (bisa pada web/blog anda atau web/blog milik orang lain), pastilah terjadi perbedaan tersebut. Inilah karakteristik penerapan Google pagerank. Dan hal yang sering terjadi adalah, sebuah halaman artikel blog telah memiliki posisi SERP yang bagus pada halaman pencarian, namun belum tentu halaman artikel tersebut juga memiliki pagerank yang tinggi.

Sejalan dengan fenomena tersebut di atas, maka jalan terbaik yang dapat kita tempuh adalah (sekali lagi masih menurut pendapat pribadi saya) :

1. Aktif secara rutin dan sistematis membuat artikel-artikel baru yang original dan berkualitas (sedapat mungkin jangan melakukan copy-paste artikel milik orang lain), promosikan artikel-artikel baru tersebut secara sewajarnya dan jangan berlebihan.

2. Mulailah untuk mencari backlink bagi halaman artikel-artikel blog anda dan bukan backlink untuk halaman home-page. Hal ini berkaitan dengan fenomena, pagerank blog lebih banyak ditentukan oleh pagerank per halaman postingan (artikel) web/blog.

3. Bersihkan link-link aktif yang terdapat pada kotak komentar tiap-tiap postingan blog (yang biasanya disisipkan oleh para visitor iseng), hal ini perlu dilakukan untuk menyeimbangkan antara inbound-link dengan outbond-link yang sangat berpengaruh untuk menaikkan pagerank per halaman blog (artikel blog).

4. Perbaiki url-url halaman blog yang dicekal oleh Google, perbaikan yang dilakukan dalam hal ini berkaitan pengiriman peta situs yang kita lakukan. Semakin sedikit url halaman blog yang dicekal oleh Google, maka web/blog yang kita miliki akan menjadi semakin sehat.

Kiranya cukup sampai di sini dulu pembahasan yang berkaitan dengan permasalahan seputar pagerank blog ini, bilamana ada sobat-sobat yang ingin menambahkan, silahkan menulisnya secara langsung pada kotak komentar di bawah ini.

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 comments:

FH86-Clan mengatakan...

Informasi yang cukup menambah wawasan dalam kegiatan blogging, trims telah berbagi

Posting Komentar

Advertisements

YOUR ADVERTISEMENTS HERE (300x250)

Advertisements

YOUR ADVERTISEMENTS HERE (300x250)